Subscribe to my full feed.

Haula PPB

PPB mengucapkan "Minal 'Aidin wa-l-Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Taqabal Allah minna wa minkum Taqabbal Ya Karim"

Dapatkan ungkapan keceriaan hati kami di sini atau di sini


Kantor PPB untuk saat ini dilengkapi dengan TV parabola. Siaran-siaran berita, film, talkshow, dan entertainment baik yang berbahasa Arab maupun Inggris bisa didapatkan. Seperti siaran TV al-Jazirah, bisa anda saksikan dengan mudah di depan kantor PPB. PPB sengaja menyediakan fasilitas tersebut untuk membantu proses pembelajaran bahasa Arab dan Inggris yang menjadi program unggulan STAIN Cirebon.


Dua Mahasiswa STAIN Cirebon, Wendra Herniwan (Dakwah/KPI) dan Muhammad Mahdi (Tarbiyah/PAI) akan berangkat ke Pekanbaru Riau pada 21 Nopember 2007 untuk mengikuti lomba debat Bahasa Arab pada acara Pekan Ilmiah Mahasiswa, Annual Conference on Islamic Studies (ACIS)VII. Acara digelar mulai tanggal 21 sampai 24 Nopember. Semoga Wendra dan Mahdi bisa menunjukkan prestasi terbaik mereka di Pekanbaru.

PEDOMAN PELAKSANAAN PRE-TEST/PLACEMENT TEST PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS INTENSIF MAHASISWA STAIN CIREBON TAHUN AKADEMIK 2007/2008

A. Muqaddimah
Pusat Pengembangan Bahasa (PPB), merupakan salah satu pusat pelayanan teknis di STAIN Cirebon. Tugas utama PPB adalah menyelenggarakan program pembelajaran bahasa Arab intensif untuk mahasiswa tahun pertama (semester I dan II) dan bahasa Inggris intensif untuk mahasiswa tahun kedua (semester III dan IV). Pembelajaran bahasa dikemas dengan tujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan komunikasi bahasa, baik aktif, yaitu mampu mengungkapkan secara lisan dan tulisan dengan bahasa Arab dan Inggris dalam lingkup bidang ilmiah dan profesinya; maupun pasif, yaitu mendengarkan pembicaraan dan memahami naskah ilmiah berbahasa Arab dan Inggris pada bidang profesi dan keahliannya. Seiring dengan dibukanya Program Studi Tadris, tingkat heterogenitas mahasiswa semakin tinggi, demikian juga latar belakang pendidikannya. Di sisi lain (fenomena mahasiswa angkatan 2002/2003 s/d 2006/2007), kemampuan dasar bahasa Arab dan Inggris mereka sangat variatif; ada yang sangat baik, ada yang sedang, dan ada juga yang sangat minim. Sehingga dalam proses pembelajaran, dosen harus mengeluarkan tenaga ekstra keras dan waktu lebih banyak untuk mengatasi tingkat perbedaan individu yang sangat tinggi. Disamping itu, pada ujian masuk Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) tidak memberikan prediction test kemampuan bahasa, baik Arab maupun Inggris.

Berdasarkan fenomena di atas, maka perlu dilakukan pre-test dan placement tes untuk mengetahui kemampuan, memetakan dan mengelompokkan tingkat kemampuan bahasa mahasiswa secara akurat, dan untuk efektivitas serta efisiensi program pembelajaran bahasa Arab dan Inggris intensif di PPB.

B. Tujuan

Adapun tujuan dari penyelenggaraan pre-test dan placement test ini adalah:

1. Mengetahui tingkat kemampuan bahasa Arab dan Inggris mahasiswa
2. Mengelompokan mahasiswa sesuai dengan tingkat kemampuannya
3. Mempermudah proses pembelajaran
4. Memberikan pelayanan khusus pada mahasiswa yang memiliki standar kemampuan rendah
5. Mengapresiasi mahasiswa yang memperoleh nilai tinggi (Tidak perlu mengikuti kuliah bahasa Arab/Inggris, atau rekomendasi mengambil Mata Kuliah semester atas)

C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 7 dan 8 September 2007.

Adapun tempat pelaksanaannya adalah di kampus STAIN.
D. Pola pelaksanaan Kegiatan

1. Pre-test dan placement test akan dilaksanakan selama 2 hari (hari Jum’at, 7 September 2007 untuk bahasa Arab, dan hari Sabtu, 8 September 2007 untuk bahasa Inggris)

2. Peserta dibagi menjadi 40 kelompok, per-kelompok 30 orang. (Pembagian kelompok bisa dilihat di Kantor PPB).

3. Pelaksanaan pre-test dan placement test dibagi dua gelombang (pagi dan siang)

(Jadwal dan pembagian kelompok bisa dilihat di kantor PPB)

Cirebon, 27 Agustus 2007

Pelaksana Kegiatan,

PPB STAIN Cirebon.

0 comments:

Go back to the top